Social Icons

Rabu, 16 Desember 2009

Budidaya Cupang Hias Khas Slipi

Liputan6.com
Liputan6.com, Jakarta: Selain sebagai hobi, budidaya ikan cupang hias juga bisa mendatangkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Usaha ini tidak memerlukan modal yang besar, malah dapat dilakukan di rumah dengan lahan yang terbatas. Jika dipelihara dengan baik, seekor ikan cupang hias kualitas baik bisa berharga Rp 2 juta.


Kawasan Slipi, Jakarta Barat, merupakan salah satu daerah cikal bakal budidaya ikan cupang hias. Pada era 80-an, sebanyak 20 warga sekitar mencoba berternak cupang hias. Kelompok yang makin berkembang ini kemudian membentuk Kobapi sebagai wadah budidaya ikan.

Menurut Yamin Umar, salah satu pembudidaya, jenis cupang yang dulu dia diketahui adalah cupang adu. Guna memberikan variatif dalam pengembangannya, maka Yamin berinisiatif menyilangkan cupang aduan dan cupang hias. Hasilnya, ikan berwarna indah yang memiliki gerakan gesit dan berani.

Cara memelihara cupang hias tidaklah begitu sulit. Pembudidaya cukup menyiapkan beberapa akuarium yang dapat menampung ikan-ikan peliharaan. Agar ikan tumbuh prima dan memiliki bentuk sempurna, peternak mesti memperhatikan pH air. Kadar pH air yang baik untuk budidaya ikan adalah tujuh, jika kurang dari itu maka ikan akan lambat dan jika lebih dari pH tersebut, ikan akan mati.

Selain memperhatikan pH, pembudidaya juga harus memberikan pangan yang berkualitas pada cupang peliharaan. Kebersihan akuarium pun harus diperhatikan, pasalnya, tak jarang cupang mati karena berkutu dan keadaan air kolam keruh.

Hal yang paling menguntungkan dari budidaya ikan cupang hias, pemelihara dapat menjadikannya sebagai usaha sambilan yang tidak membutuhkan lahan luas. Di sinilah Kobapi berperan banyak. Mustafa Kamil mengaku, ikan hasil budidayanya semakin berkembang sampai ke luar Pulau Jawa. Malah, kini ia sudah bisa mengekspor, meski belum secara langsung.

Sebagai bentuk tanggung jawab Kobapi, wadah ini membantu para pembudidaya cupang hias untuk mengembangkan usaha mereka. Salah satunya dengan mempromosikan ikan cupang hias melalui pemasaran di internet. Kobapi juga kerap mengadakan kontes dan mengikuti kontes ikan cupang hias, serta mengadakan pelatihan perorangan dan kelompok bagi pembudidaya ikan cupang hias.(OMI/Julius Kriswantoro)

Pembudidaya Ikan Hias:

Mustafa Kamil
Telepon: 0813.1454.0140
Jalan K.S. Tubun III Dalam, Slipi, Palmerah, Jakarta Barat

M. Yamin Umar
Telepon: 0813.1454.0140

Purnomo (Pengurus Koperasi Kobapi)
Telepon: 0813.1454.0140

1 komentar:

Ilham Ja'far Robbani mengatakan...

mas, ikan cupang biasany tengkar terus klo di gabungin dlam satu akuarium, gimana cara ngatasinnya????

 
Blogger Templates